Tuesday, February 23, 2016

3.TIPS DAN SHARING PENGALAMAN JALAN-JALAN KELUARGA KE HONG KONG, SHENZEN MACAU (HARI KEDUA THE PEAK)

Kami melewati hari kedua ini dengan menikmati keindahan kota Hongkong dan berwisata ke The Peak.

Sesuai dengan namanya The Peak terletak di puncak bukit, namun letaknya masih di pusat kota, dimana kita naik trem kuno menuju puncak bukit, untuk melihat keindahan Hongkong. 

Untuk mencapai lokasi The Peak kami menggunakan MTR sampai di Central Station, dan keluar melalui exit gate J2, sampai di pelataran sebuah taman kota yang disebut dengan Chater Garden. 

Selanjutnya, ikuti petunjuk jalan menuju St John  Building Peak Tram Station, menyebrangi  jalan dan melewati gedung-gedung tinggi, kebetulan hari itu banyak banget pengunjung yang datang ke the Peak Tram, jadi kami tinggal mengikuti arus pejalan kaki dengan tujuan yang sama. 


Sesampai di the Peak Tram, antrian sudah membludak. Dipisahkan antara antrian untuk tour/rombongan dengan antrian pribadi.  Kami membeli tiket combo, dimana satu paket tiket combo terdiri dari tiket untuk naik Tram, tiket untuk berkunjung ke madame tussaud wax museum dan tiket untuk ke sky terrace. Itung-itung lebih murah, harga tiket combo untuk kami dua dewasa dan satu anak sekitar HKD 650 an.
Tips: Belilah tiket combo agar lebih murah, kecuali jika tidak semua tempat ingin dikunjungi. 



Petunjuk exit J2 di MTR Central Station



The peak tram adalah tram kuno yang relnya berada di kemiringan 45 derajat, yang membawa kita ke Victoria Peak, yaitu puncak tertinggi di Hongkong dimana disana kita dapat menikmati keindahan kota Hongkong, mengunjungi patung lilin madame tussaud, dan berbelanja di The Peak Galleria (maka tidak heran Hong kong disebut surga belanja). Di puncak Victoria Peak,  selain madame tussaud wax museum juga ada Trick Eye Museum, tapi kami tidak sempat masuk … 


Saya sempat membeli tiket disneyland di kawasan the Peak ini, dan ternyata harganya lebih mahal HKD 49 per tiket dibandingkan kalau membeli di counter penjualan resmi tiket disneyland di airport. Rencananya kami akan berkunjung ke Disneyland HK di hari terakhir… tapi akhirnya batal….. karena anak saya terserang demam di hari terakhir kami di Hongkong, dan turun hujan deras pada hari terakhir kami di Hong kong. Suatu pengalaman berharga kami peroleh bahwa sangat penting memperhatikan informasi cuaca dan musim ketika kita berkunjung ke suatu negara. Di Hong kong musim panas dimulai sejak bulan juni hingga September. Meskipun musim panas, tetapi di Hong  kong bisa turun hujan, bahkan badai. Selain itu. perhatikan juga informasi cuaca mengenai angin taifun. 

Tips: Perhatikan musim/cuaca, juga apakan musim libur/holiday season à waktu berkunjung terbaik ke Hong kong adalah bulan Maret sd Mei. Di musim panas (juni, juli, agustus, september) selain harga lebih mahal karena liburan sekolah, cuaca juga tidak menentu. Bawalah payung dan jas hujan, lebih-lebih jika membawa anak-anak.
 

No comments:

Post a Comment